RSS

ayam rica-rica


waktu itu hari kamis tanggal 3 Maret 2010, gue sama temen gue namanya Mia minjem dapur Smanti buat bikin ayam rica-rica. ceunah itu ayam buat si pman, pman itu nama cowonya mia. waktu kita bikin kita bener-bener buta sama takaran-takaran bumbu buat bikin ayam rica-rica (bahan-bahannya dari mamanya pman, cara bikinnya lewat internet). gue sih sempet deg-degan juga takut ga enak eh ternyata pas dicoba enaaaaaaaaaaaak meskipun pedes banget. gue mau sharing aja gimana cara bikinnya siapa tau berguna buat kalian terutama para cewek :) takarannya random ya, kalo mau eksperimen silahkan juga :D

AYAM RICA-RICA
alat: 
pisau
talenan
sendok
wajan
sodet
ulekan
tutup panci
piring saji
bahan:
4 sayap ayam, bisa lebih bisa kurang, ga harus sayap juga. (udah dibersihin)
daun jeruk
garam
gula (kalau mau)
air mateng
wortel
merica padat
cabe
bawang merah
bawang putih
jahe
kunyit
minyak goreng

cara membuat
1. potong kecil-kecil cabe, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit. ulek sampe halus. tambahkan merica padat sama garam. ulek lagi sampe halus
2. masukkan minyak goreng ke dalam wajan. panaskan sampe panas
3. bumbu no 1 digoreng sampe wangi
4. masukkan ayam. tambahkan air secukupnya dan tambahkan garam
5.tambahkan daun jeruk ke dalam wajan
6. kalau keasinan dan kepedesan, bisa ditambahkan gula dan air
7. kecilin api, tutup wajan pake tutup panci, tunggu sampe meresap
8. wortel dipotong kecil-kecil, lalu rebus. setelah direbus, campurkan ke ayam
9. jangan lupa dioseng-oseng ya biar bumbunya meresap
10. kalo kamu yakin masakan kamu udah mateng, buka tutup panci, tapi jgn matiin api dulu. ambil sedikit masakan kamu pake sendok lalu cicipi. kalo kamu ngerasa ada yg kurang, ya tambahin lagi yg kurangnya sampe pas.
11. kalo kamu yakin rasanya udah pas, matiin kompor. sajikan di piring. nikmati dengan orang-orang tersayang
met makan ayam rica-rica :D


0 comments:

Post a Comment

Share it

Copyright 2009
Things On My Mind
. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates